Istana Gebang – Jawa timur

Sebagaimana diketahui, bahwa Kota Blitar merupakan kota kelahiran dari proklamator RI, Bung Karno. Selain makam, kota Blitar ini pun memiliki peninggalan lainnya yang berkaitan dengan Bung Karno, yakni komplek rumah tua yang beliau tempati dulu saat kecil, yakni Istana Gebang. Kota Blitar di Jawa Timur adalah kota tua serta bersejarah dalam perjuangan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan.

Di Kota kecil ini bersemayamlah bapak Proklamator Indonesia, Ir Soekarno, presiden pertama Indonesia. Istana Gabang atau dalam bahasa Jawa disebut dengan ndalem Gebang merupakan rumah tempat tinggal Orang tua Bung Karno. Rumah ini letaknya tidak jauh dari Makam Bung Karno kira-kira 2 km ke arah selatan, tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 69 Kota Blitar.

Rumah ini sebenarnya milik bapak Poegoeh Wardoyo suami dari Sukarmini, kakak kandung Bung Karno. Selain ditempati oleh kedua orang tua Bung Karno, ditempat ini pula Sang Proklamator pernah tinggal ketika masa-masa remajanya.Setiap tanggal 6 Juni, yakni tanggal kelahiran Bung Karno, rumah ini diselenggarakan haul dan berbagai macam kesenian untuk memperingati hari jadi Bung Karno dan sebagai ajang hiburan rakyat.